Friday, June 29, 2012

DAVID BECKHAM MENJADI PENGIKUT BUDDHA

Trend perpindahan kepercayaan orang-orang barat untu belajar dan mengikuti ajaran Buddha kian hari kian bertambah. Tidak hanya kalangan muda milenium ke-tiga, mereka yang telah berusia pun mulai tersentuh dengan ajaran Buddha yang diajarkan Guru Gautama.

Generasi muda di Eropa tertarik dengan filosofi Buddha karena mereka telah bosan dengan doktrin ajaran yang harus menerima semua instruksi yang tertulis.Pembatasan pertanyaan fundamental mengenai hakikat kebenaran mutlak menjadikan doktrin yang telah berkembang sebelumnya mulai runtuh. Satu-satunya filosofi atau ajaran yang membuka gerbang sebesar-besarnya untuk mengeksplor ajaran/filosofi adalah ajaran Buddha.

APAKAH RASA TAKUT ITU

Rasa takut adalah mencari-cari kesalahan dengan masa depan. Jika saja kita selalu ingat bahwa masa depan itu tak pasti, kita tak akan pernah mencoba meramalkan apa yang bisa salah. Rasa takut berakhir saat ini juga.

Suatu hari, ketika saya masih kecil, saya begitu takut kalau harus pergi ke dokter gigi. Meskipun saya sudah bikin janji untuk bertemu dengan dokter gigi, tetap saja saya tak ingin pergi. Saya khawatir sendiri dengan tololnya. Saat tiba di tempat praktik dokter gigi, saya diberi tahu bahwa dokter giginya berhalangan. Saya belajar betapa sia-sianya rasa takut itu.

Wednesday, June 20, 2012

Doa, Bisakah Terkabul?

Hidup ini tidak memuaskan. Ada saja yang kita rasa masih kurang kita miliki; harta, rezeki, berkah, sandang-pangan, pekerjaan, kesehatan, keamanan, keturunan, keselamatan, kebahagiaan, dll. Sesungguhnya semua itu bisa kita dapatkan dengan melakukan suatu usaha, dengan membuat sebabnya, karena manusia memang memiliki potensi untuk itu. Manusia bukanlah makhluk lemah dan ringkih, sehingga untuk memenuhi segala kebutuhannya harus mengharapkan belas kasihan makhluk lain. Menurut agama Buddha, manusia bukanlah wayang golek, yang segala sesuatunya diatur dan digerakkan oleh Pak Dalang/Sutradara. Tak ada makhluk lain yang ikut mengatur persoalan nasib seseorang. Namun karena terbelenggu oleh ketidaktahuan, manusia tidak dapat melihat dan merealisasikan potensi yang ada pada dirinya. Mereka lebih suka memohon dan meminta kepada para dewa, sebagai jalan pintas untuk memenuhi segala keinginannya, tanpa mau bersusah payah. Apalagi bila dalam memohon itu dipersembahkan sajian yang mewah dan mahal, maka dianggap akan lebih mempercepat terkabulnya permintaan mereka. Tindakan memohon dan meminta kemurahari hati para Dewa atau Maha Dewa untuk sesuatu inilah yang umum disebut Berdoa.

Steve Job dan Kematiannya

Steve Jobs pendiri Apple Inc yang meninggal baru-baru ini pada 5 Oktober 2011. Memberikan kenangan yang luar biasa kepada dunia mulai dari rekan bisnis, pengguna Apple, bahkan kompetitor sekalipun. Steve Jobs terkenal layaknya seorang selebriti. Setiap ucapannya di podium konferensi menjadi sorotan media.
Steve Jobs yang lahir pada 24 Februari 1955 di San Francisco, California, Amerika Serikat adalah seorang tokoh bisnis dan seorang penemu. Jobs yang putus kuliah dari Reed College, bersama Steve Wozniak, Mike Markulla mendirikan perusahaan Apple Inc yang produknya mendunia. Jobs sebagai pendiri sempat dipecat sebelum bergabung kembali pada tahun 1996, dimana Apple Inc membeli perusahaan NeXT senilai $429 juta. Jobs selama dipecat mendirikan perusahaan komputer NeXT dan membeli perusahaan grafik yang berganti nama Pixar. Ia juga memiliki sedikit saham Disney setelah Pixar bekerjasama dengan Disney.

Andrie Wongso: Sukses Luar Biasa Praktekkan Ajaran Buddha

Andrie Wongso motivator nomor satu Indonesia merupakan tokoh buddhis terbaik nasional. Beliau berbagi kisah dan pengalaman hidup masa susah hingga sukses berkarir maupun membina keharmonisan keluarga. Ajaran Buddhis menjadi pedoman hidup menuju kesuksesan luar biasa.

Perayaan Imlek 2563 mengingatkan kembali Andrie Wongso pada kampung kecil di Malang, Jawa Timur sebagai memori masa lalu yang tak terlupakan sepanjang hidup. Kota tempat kelahiran Andrie kecil yang hidup menderita oleh himpitan ekonomi keluarga hingga tak tamat sekolah dasar. Sebagai anak kedua dari tiga bersaudara, Andrie kecil menjadi tulang punggung ekonomi keluarga dengan berjualan kue keliling antar toko dan kampung di pasar Lawang. Laba hasil jualan kue rangen buatan ibunya dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga dan membiayai uang sekolah adik. “Saya menyesal belum dapat membahagiakan ibu kandung yang tak dapat mendampingi kesuksesanku saat ini. Kisah hidup kepahitan bersama ibu tercinta menjadi catatan memori yang tak terlupakan sepanjang hidupku” kenang An Yi sapaan AW dengan menitihkan air-mata kebahagiaan.

Tuesday, June 19, 2012

Kisah Mama Yang Mulia

Cintailah Mama kita sebagai mana kita mencitai diri kita sendiri.
"Shi Sang Chi You Mama Hau"
Alkisah, ada sepasang kekasih yang saling mencintai. Sang pria berasal dari keluarga kaya, dan merupakan orang yang terpandang di kota tersebut. Sedangkan sang wanita adalah seorang yatim piatu, hidup serba kekurangan, tetapi cantik, lemah lembut, dan baik hati. Kelebihan inilah yang membuat sang pria jatuh hati.

Sang wanita hamil di luar nikah. Sang pria lalu mengajaknya menikah, dengan membawa sang wanita ke rumahnya. Seperti yang sudah mereka duga, orang tua sang pria tidak menyukai wanita tsb. Sebagai orang yang terpandang di kota tsb, latar belakang wanita tsb akan merusak reputasi keluarga. Sebaliknya, mereka bahkan telah mencarikan jodoh yang sepadan untuk anaknya. Sang pria berusaha menyakinkan orang tuanya, bahwa ia sudah menetapkan keputusannya, apapun resikonya bagi dia.

Tindakan Kita Menentukan Takdir Kita (Jet Li)


Jet Li mungkin merupakan aktor laga paling terkenal diAsia, dan namanya juga semakin dikenal di kalangan Hollywood. Dalam biografi singkat berikut ini, dia menceritakan ketertarikannya terhadap ajaran Buddha dan misinya untuk memperkenalkan ajaran Buddha kepada dunia.
Pada tahun 1997, saya memutuskan untuk pensiun dari dunia perfilman. Dikarenakan satu hal, yaitu saya sangat lelah. Coba Anda pikirkan: mulai dari umur 8 tahun, Anda latihan wushu 8 jam sehari selama 10 tahun. Kemudian Anda mulai bermain film, dan itu kurang lebih merupakan kegiatan yang sama. Dan kapan pun Anda berbicara kepada reporter, mereka selalu membujuk Anda untuk berpose di depan kamera. Tetapi Anda menjadi terkenal dan menghasilkan banyak uang. Anda juga mendapat beberapa luka yang serius.

Monday, June 18, 2012

Anggun C Sasmi : Agama Buddha itu Sederhana

Anggun Cipta Sasmi (lahir di Jakarta, 29 April 1974) adalah penyanyi Indonesia yang sekarang memiliki kewarganegaraan Perancis. Hingga saat ini ia masih satu-satunya penyanyi Indonesia yang berhasil menaklukkan pasar musik dunia. Saat ini ia bermukim di Paris, Perancis dan Montreal, Kanada untuk melanjutkan karir internasionalnya. Hingga tahun 2005, ia telah sukses menjual sebanyak 12 juta kopi album internationalnya di seluruh dunia, menjadikannya artis Asia paling sukses di luar Asia.

Masa kecil dan karir di Indonesia

Friday, June 15, 2012

MASALAH ADALAH GURUMU

Bahkan meski masalah itu benar-benar mengganggu dan tak tertahankan, kita bisa belajar sesuatu darinya. Bahkan tatkala makanan yang tersedia demikian buruk atau ketika kami harus duduk bersila begitu lama, mendengarkan ceramah yang membosankan, karena Ajahn Chah bicara sepanjang malam.
Semua buku yang Anda baca mengenai ceramahnya, beberapa batangan mestika kebijaksanaan yang inspiratif itu, kadang Anda harus, menunggu 7-8 jam ceramah sampai Anda bisa mendapat satu dari mereka. Apa yang para biksu Iakukan adalah menelusur dan menyaring semua isi ceramah ini dan menaruh mutiara kebijaksanaan ini ke dalam buku hingga Anda bisa mendapatnya dengan mudah. Ajahn Chah sama sekali tldak seperti itu. Anda harus mendengarkan berjam-jam untuk mendapatkan
salah satu wejangan inspiratif itu. Kadang ceramahnya begitu panjang. la berkata bahwa hal ini mengajarimu sesuatu. Jadi jika Anda mengalami sesuatu yang sulit ditanggung, Anda harus menganggap hal itu sebagai guru Anda.

Thursday, June 14, 2012

AJAHN NYAMUK

Tembusilah sifat sejati segala sesuatu. Di sanalah kebijaksanaan dan pandangan cerah muncul. Tembusilah masalah seperti bos dari neraka, pasangan dari neraka, atau tubuh seakan dineraka, jika Anda sangat sakit atau menderita.

Pertama-tama, coba lihat apa yang kita lakukan jika muncul masalah dalam hidup ini? Kita langsung menyewa pembasmi hama. Ketika kita menemukan kecoak di rumah, kita panggil pembasmi hama, tembak mereka dengan insektisida. Jika kita mengikuti jalan seperti itu, kali berikutnya kita mendapatkan pasangan yang tidak kita sukai, tembak mereka, atau jika kita tidak bisa mendapatkan bahan kimianya, berikutnya datang pengacara perceraian. Terhadap rasa sakit apa pun pada tubuh, tembak mereka dengan peluru ajaib yang disebut obat kimia penyembuh. Terhadap apa pun yang tidak kita sukai dalam masyarakat, kita
memanggil pembasmi hama. Inilah yang disebut niat buruk.

Thursday, June 7, 2012

LIMA JARI

Suatu ketika, kelima jari tangan cekcok memperdebatkan mana di antara mereka yang paling penting. Ibu jari berkata,"Aku yang terpenting karena akulah jari yang terbesar. 

Tiap kali ada sesuatu yang bagus atau baik, pasti orang akan mengacungkan diriku. Ini membuktikan, akulah yang paling hebat!" Si jari telunjuk tidak mau kalah, dan menukas, "Salah! Akulah yang terpenting karena aku sering digunakan untuk menunjuk. Karena itu, pastilah aku yang paling hebat!" Si jari tengah mcmbalas sengit, "Akulah yang terpenting karena di antara kita semua, akulah yang paling tinggi. Jadi, tidak salah lagi, akulah yang paling top di antara kita semua!"

Saturday, June 2, 2012

Kesadaran Seorang Anak Tidak Berbakti

Fu-hauzi selain malas juga pemarah sekali, sehingga ibunya yang masih bekerja sendirian tersebut sering menjadi obyek amarahnya. 

Tetapi ibunya tetap sabar dan mengasihi anak tunggalnya tersebut.

Sampai suatu hari, pemuda ini mendapatkan khabar bahwa di seberang lautan dekat puncak gunung, terdapat seorang Buddha yang sangat sakti dimana setiap permintaan dapat dipenuhinya. Fu-hau-zi yang memang sifatnya malas, berminat untuk bertemu Buddha tersebut agar dapat langsung memperoleh kesaktian sehingga tidak perlu susah bekerja. Maka berangkatlah Fu-hauzi seorang diri yang tentunya tanpa pamit kepada ibunya.